Senin, 22 Oktober 2012

EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN


EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN

Konsumenadalahbagianterpentingdalam target pasarsuatuperusahaan. Konsumen yang konsumtifjugamerupakansasaranutamaparapesertapasardanperusahaan.Tetapi, kadangkonsumenkurangberhati- hatidalammelakukanpembeliansehinggammenimbulkankerugiansepihak.Makadariitu, harusdilakukanevaluasialternatif yang dilakukanolehkonsumensebelummengambilkeputusanuntukmembeli.

KonsepKeputusan
Keputusanadalahsuatupemilihantindakandariduaataulebihpilihanalternatif.Bilaseseorangdihadapkanpadaduapilihan, yaitumembelidantidakmembelitapimemilihmembeli, makadiaadadalamposisimembuatkeputusan.Semua orang mengambilkeputusansetiapharidalamhidupnyatanpadisadari.Dalam proses pengambilankeputusan, konsumenharusmelakukanpemecahanmasalahdalamkebutuhan yang dirasakandankeinginannyauntukmemenuhikebutuhandengankonsumsiprodukataujasa yang sesuai.


Adapunpertimbangan yang dilakukankonsumensebagaiberikut :
  1. Produk yang murah - Produk yang mahal
    tingkatekonomisuatunegaramempengaruhikonsumenuntukmegkonsumsibarang- barang yang harganyarelatifmurah. Hanyabeberapapersenpenduduk yang beranimengkonsumsisuatuprodukataujasadenganharga yang mahal. Selebihnya, berpikir 3 sampai 4 kali untukmembelinya.
  2. Pembelian yang sering - Pembelian yang jarang
    barangataujasa yang seringdibeli
  3. Merk yang biasa - Merkterkenal
  4. Aspek-aspekpemilihankeputusan
  5.  Kelasprodukdanmerekkurangterkenal- Kelasprodukdanmerekterkenal
  6.  Pembeliandenganpertimbangandan – Pembeliandenganpertimbangan
  7. Pencarian yang kurangmatangdanpencarianintensif

ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
  1. Sudutpandangekonomis, konsumensebagai orang yang membuatkeputusansecararasionalharusmengetahuisemuakelemahandankekuatanprodukataujasa yang dibelinyasertamempertimbangkankegunaannyauntukjangkapendek, menengahdanpanjang.
  2. Sudutpandangkognitif, konsumenmerupakanpengelolahinformasi yang selalumencaritahuapasajatentangprodukdanjasa yang dibutuhkan. Pengelolainformasiselaluberujungpadapilihanunutkmembeliataumenolakproduktersebut.
  3. Sudutpandangemosional, konsumen yang memilikisifatcenderungmengkoleksiatauemmfavoritkansuatubarangataujasadanakanmelakukanapa pun demi mendapatkannyatermasukdalamgolonganini, sehinggaanggapan emotional man itutidakrasionaladalahtidakbenar. Tetapi, bilasudahmendapatkanproduk yang membuatperasaanmerekalebihbaik, makakeputusanyagmerekaambilmerupakankeputusanrasional.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
  1. Pengaruheksternal
  • keluarga
  • sumberinformasi
  • kelas social
  • budaya
     2.  Pengambilankeputusanpadakonsumen
  • sadarakankebutuhan
  • mencarisebelummembeli/ survey
  • mengevaluasiproduk
     3.  Area psikologis
  • motivasi
  • persepsi
  • pembelajaran
  • kepribadian
  • sikap
     4.  Perilakusetelahkeputusanpembelian
  • percobaan
  • pembelianulang
Tigafaktor yang mempengaruhipilihakonsumen :
  1. Konsumenindividu, Pilihanmerkdipengaruhiolehkebutuhankonsumen, persepsiataskarakteristikmerkdansikapkearahpilihan. Sebagaitambahan, pilihanmerkdipengaruhiolehdemografikonsumen, gayahidupdankarakteristikpersonalia.
  2. Pengaruhlingkungan,Lingkunganpembeliankonsumenditunjukkanolehbudaya (normakemasyarakatan, pengaruhkedaerahanataukesukuan), kelassosial, teman, anggotaeluargadanfaktor yang menentukansituasional.
  3. marketing strategy, Pemasaran yang baikadalahpemasaranyangmempunyaibanyak data atauinformasidarikonsumenuntukevaluasidalam proses pengambilankeputsan, sehinggapangsapasardapattepatsasaran.
KESIMPULAN

Keputusanmembeliolehkonsumendipengaruhiolehbanyak factor eksternalmaupun internal
-faktor-faktoreksternal, sepertiinformasipemasarandanlingkungansosialbudaya, faktor-faktor –faktor-faktor internal , misalnyamotivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, sikapdanpengalaman. Pengambilankeputusankonsumenjugadipengaruhiolehsituasidimana proses danperilakubeliterjadi. Situasikomunikasi, situasipembelian, situasipenggunaandansituasipenyingkiranproduk, semuanyamenentukankeputusanbeli.Lingkunganfisik, lingkungansosial, waktu, tujuanpembelian, konsumsidansuasanahatitidakdapatdiabaikansebagaiunsur-unsur yang sangatpentingdalamkeputusanmembeli.Situasiterakhiradalahsituasi-situasitertentu yang banyakdimanfaatkanpemasaruntukmempengaruhiperilakukonsumen.

Saran

Dalammengambilkeputusanmengenaipembeliansuatubarang, kitaharusmemperhatikanmanakebutuhan yang pentingdanjumlahuang yang kitapunyai, jugamenetapkandanmenggunakanberbagaikriteriaevaluasitermasukharga, Merekdan lain-lain padasaatmembuatkeputusanpembelian.Selainitu, menilaikinerjasetiapalternatifsebagaidasarevaluasisertamengetahuidanmemahamibagaimanasituasikonsumendalammenentukanpilihandenganmelihatberbagaiaspek yang ada.

DAFTAR PUSTAKA
http://id.netlog.com/ecimirnawati/blog/blogid=29295

Tidak ada komentar:

Posting Komentar