EVALUASI ALTERNATIF
SEBELUM PEMBELIAN
Konsumenadalahbagianterpentingdalam
target pasarsuatuperusahaan. Konsumen yang
konsumtifjugamerupakansasaranutamaparapesertapasardanperusahaan.Tetapi,
kadangkonsumenkurangberhati-
hatidalammelakukanpembeliansehinggammenimbulkankerugiansepihak.Makadariitu,
harusdilakukanevaluasialternatif yang
dilakukanolehkonsumensebelummengambilkeputusanuntukmembeli.
KonsepKeputusan
Keputusanadalahsuatupemilihantindakandariduaataulebihpilihanalternatif.Bilaseseorangdihadapkanpadaduapilihan, yaitumembelidantidakmembelitapimemilihmembeli, makadiaadadalamposisimembuatkeputusan.Semua orang mengambilkeputusansetiapharidalamhidupnyatanpadisadari.Dalam proses pengambilankeputusan, konsumenharusmelakukanpemecahanmasalahdalamkebutuhan yang dirasakandankeinginannyauntukmemenuhikebutuhandengankonsumsiprodukataujasa yang sesuai.
Keputusanadalahsuatupemilihantindakandariduaataulebihpilihanalternatif.Bilaseseorangdihadapkanpadaduapilihan, yaitumembelidantidakmembelitapimemilihmembeli, makadiaadadalamposisimembuatkeputusan.Semua orang mengambilkeputusansetiapharidalamhidupnyatanpadisadari.Dalam proses pengambilankeputusan, konsumenharusmelakukanpemecahanmasalahdalamkebutuhan yang dirasakandankeinginannyauntukmemenuhikebutuhandengankonsumsiprodukataujasa yang sesuai.
Adapunpertimbangan
yang dilakukankonsumensebagaiberikut :
- Produk yang murah - Produk yang
mahal
tingkatekonomisuatunegaramempengaruhikonsumenuntukmegkonsumsibarang- barang yang harganyarelatifmurah. Hanyabeberapapersenpenduduk yang beranimengkonsumsisuatuprodukataujasadenganharga yang mahal. Selebihnya, berpikir 3 sampai 4 kali untukmembelinya. - Pembelian yang sering -
Pembelian yang jarang
barangataujasa yang seringdibeli - Merk yang biasa - Merkterkenal
- Aspek-aspekpemilihankeputusan
- Kelasprodukdanmerekkurangterkenal- Kelasprodukdanmerekterkenal
- Pembeliandenganpertimbangandan – Pembeliandenganpertimbangan
- Pencarian yang kurangmatangdanpencarianintensif
ANALISIS
PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
- Sudutpandangekonomis, konsumensebagai orang yang membuatkeputusansecararasionalharusmengetahuisemuakelemahandankekuatanprodukataujasa yang dibelinyasertamempertimbangkankegunaannyauntukjangkapendek, menengahdanpanjang.
- Sudutpandangkognitif, konsumenmerupakanpengelolahinformasi yang selalumencaritahuapasajatentangprodukdanjasa yang dibutuhkan. Pengelolainformasiselaluberujungpadapilihanunutkmembeliataumenolakproduktersebut.
- Sudutpandangemosional, konsumen yang memilikisifatcenderungmengkoleksiatauemmfavoritkansuatubarangataujasadanakanmelakukanapa pun demi mendapatkannyatermasukdalamgolonganini, sehinggaanggapan emotional man itutidakrasionaladalahtidakbenar. Tetapi, bilasudahmendapatkanproduk yang membuatperasaanmerekalebihbaik, makakeputusanyagmerekaambilmerupakankeputusanrasional.
PENGAMBILAN
KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
- Pengaruheksternal
- keluarga
- sumberinformasi
- kelas social
- budaya
2. Pengambilankeputusanpadakonsumen
- sadarakankebutuhan
- mencarisebelummembeli/ survey
- mengevaluasiproduk
3. Area psikologis
- motivasi
- persepsi
- pembelajaran
- kepribadian
- sikap
4. Perilakusetelahkeputusanpembelian
- percobaan
- pembelianulang
Tigafaktor
yang mempengaruhipilihakonsumen :
- Konsumenindividu, Pilihanmerkdipengaruhiolehkebutuhankonsumen, persepsiataskarakteristikmerkdansikapkearahpilihan. Sebagaitambahan, pilihanmerkdipengaruhiolehdemografikonsumen, gayahidupdankarakteristikpersonalia.
- Pengaruhlingkungan,Lingkunganpembeliankonsumenditunjukkanolehbudaya (normakemasyarakatan, pengaruhkedaerahanataukesukuan), kelassosial, teman, anggotaeluargadanfaktor yang menentukansituasional.
- marketing strategy, Pemasaran yang baikadalahpemasaranyangmempunyaibanyak data atauinformasidarikonsumenuntukevaluasidalam proses pengambilankeputsan, sehinggapangsapasardapattepatsasaran.
KESIMPULAN
Keputusanmembeliolehkonsumendipengaruhiolehbanyak
factor eksternalmaupun internal
-faktor-faktoreksternal,
sepertiinformasipemasarandanlingkungansosialbudaya, faktor-faktor
–faktor-faktor internal , misalnyamotivasi, persepsi, pembelajaran,
kepribadian, sikapdanpengalaman.
Pengambilankeputusankonsumenjugadipengaruhiolehsituasidimana proses
danperilakubeliterjadi. Situasikomunikasi, situasipembelian,
situasipenggunaandansituasipenyingkiranproduk,
semuanyamenentukankeputusanbeli.Lingkunganfisik, lingkungansosial, waktu,
tujuanpembelian, konsumsidansuasanahatitidakdapatdiabaikansebagaiunsur-unsur
yang
sangatpentingdalamkeputusanmembeli.Situasiterakhiradalahsituasi-situasitertentu
yang banyakdimanfaatkanpemasaruntukmempengaruhiperilakukonsumen.
Saran
Dalammengambilkeputusanmengenaipembeliansuatubarang,
kitaharusmemperhatikanmanakebutuhan yang pentingdanjumlahuang yang kitapunyai,
jugamenetapkandanmenggunakanberbagaikriteriaevaluasitermasukharga, Merekdan
lain-lain padasaatmembuatkeputusanpembelian.Selainitu, menilaikinerjasetiapalternatifsebagaidasarevaluasisertamengetahuidanmemahamibagaimanasituasikonsumendalammenentukanpilihandenganmelihatberbagaiaspek
yang ada.
DAFTAR
PUSTAKA
http://id.netlog.com/ecimirnawati/blog/blogid=29295
Tidak ada komentar:
Posting Komentar