CONTOH KASUS
Menganalisis seorang
konsumen yang berprofesi sebagai mahasiswa dalam menentukan pembelian laptop
sebagai penunjang kegiatan perkuliahannya. David membutuhkan sebuah laptop
untuk membantu kinerjanya dalam mengerjakan tugas – tugas perkuliahan.
Sesuai kebutuhan dan
keinginannya David harus melakukan pembelian pada produk laptop karena
laptop terdiri dari berbagai pilihan merk dan kualitas maka konsumen harus
memikirkan laptop dengan merk dan kulitas apa yang diinginkan supaya produk
yang di beli itu memuaskan dan penggunaanya sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan. Harga juga berpengaruh karena David berasal dari keluarga yang
sederhana. Jadi, hal utama yang dilakukan David adalah mencari informasi harga
laptop yang murah namun memiliki kualitas yang bagus juga. Teknologi yang sudah
semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi mengenai sebuah
produk yang kita inginkan yaitu melalui internet, bisa juga melalui media cetak
dan media elektronik lainnya. Informasi mengenai suatu produk juga bisa
didapatkan melalui pengalaman orang-orang di sekitar.
Mengapa David lebih
memilih Laptop dibandingkan PC? Karena laptop mudah di bawa kemana-mana dan
praktis. Keunggulan laptop yang diinginkan David adalah yang mendukung
Windows 7 , Microsoft Office 2007 , baterai tahan lama , Wifi , memory
cukup besar , ukuran 10 inchi dan harganya terjangkau. Dan David memiliki dua
pilihan alternatifnya yaitu Acer AspireOne D260 dengan HP Mini 100 .
Dan David pun akhirnya
memilih HP mini Karena harganya lebih murah dan kualitasnya tidak kalah dengan
Acer yang harganya lebih mahal. David membeli dengan tunai hasil tabungan dia
dan tambahan dari orang tua. David ternyata telah menjalankan sebuah
proses pembelian produk dalam pencarian barang yang menjadi keinginannya.
daftar pustaka:
http://yanhasiholan.wordpress.com/2010/12/22/proses-pengambilan-keputusan-pada-suatu-produk/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar